Kajian Safiinah An Najah BAB Hal yang Haram Dilakukan Ketika Tidak Suci
Kajian Safiinah An Najah๐
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
BAB : Hal-hal yang Haram Dilakukan Ketika Tidak Suci
Lafadz Arob
(ูุตู) ู
َِู ْูุชََูุถَ ُูุถُْู ุกُُู ุญَุฑُู
َ ุนََْููู ِุงَุฑْุจَุนَุฉُ ุงَุดَْูุง ุกَ: ุงูุตَّูุงَุฉُ، َูุงูุทََّูุงُู، َูู
َุณُّ ุงْูู
ُุตْุญَِู، َูุญَู
ُُْูู.
ََููุญْุฑُู
ُ ุนََูู ุงْูุฌُُูุจِ ุณِุชَّุฉُ ุงَุดَْูุงุกَ : ุงูุตَّูุงَุฉُ، َูุงูุทََّูุงُู، َูู
َุณًُّ ุงْูู
ُุตْุญَِู، َูุญَู
ُُْูู، َูุงُّููุจْุซُ ِูู ุงْูู
َุณْุฌِุฏِ، َِููุฑَุงุกَุฉُุงُْููุฑْุงَِู،
ََููุญْุฑُู
ُ ุจِุงْูุญَْูุถِ ุนَุดَุฑَุฉُ ุงَุดَْูุงุกَ:ุงูุตَّูุงَุฉُ، َูุงูุทََّูุงُู، َูู
َุณًُّ ุงْูู
ُุตْุญَِู، َูุญَู
ُُْูู، َูุงُّููุจْุซُ ِูู ِุงْูู
َุณْุฌِุฏِ، َِููุฑَุงุกَุฉُุงُْููุฑْุงَِู، ูุงูุตَّْูู
ُ، َูุงูุทَّูุงَُู، َูุงْูู
ُุฑُْูุฑُِูู ِุงْูู
َุณْุฌِุฏِ ุงِْู ุฎَุง َูุชْ ุชَِْْูููุซَُู، َْููุงุณْุชِู
ْุชَุงุนُ ุจِู
َุง ุจََْูู ุงูุณُّุฑَّุฉِ َูุงูุฑُّْูุจَุฉ.ِ
Lafadz Latin
Terjemah :
"Seseorang yang rusak/batal wudhunya diharamkan melakukan empat perkara :
1. Solat
2. Towaf
3. Menyentuh mushaf
4. Membawa mushaf
Dan diharamkan bagi orang yang junub melakukan enam perkara:
1. Solat
2. Thowaf
3. Menyentuh mushaf
4. Membawa mushaf
5. Berdiam diri di masjid
6. Membaca al qur'an
Dan diharamkan bagi orang yang haid atas sepuluh perkara :
1. Solat
2. Thowaf
3. Menyentuh mushaf
4. Membawa mushaf
5. Berdiam diri di masjid
6. Membaca al qur'an
7. Berpuasa
8. Thalaq
9. Melewati masjid bila takut menetesi
10. Mengambil kenikmatan(bermain") di antar bagian tubuh pusar sampai lutut
RANGKUMAN PERTANYAAN & JAWABAN
1. Pertanyaan:
Bagi orang yang haid atau junub kalau baca alqur'an tapi diniati dzikir apa jg harom hukumnya?
✍ Jawaban:
๐ ุญุงุดูุฉ ุงูุจุฌูุฑู
ู
ุชَْูุจٌِูู : َูุญُِّู ِูู
َْู ุจِِู ุญَุฏَุซٌ ุฃَْูุจَุฑُ ุฃَุฐَْูุงุฑُ ุงُْููุฑْุขِู َูุบَْูุฑَُูุง َูู
ََูุงุนِุธِِู َูุฃَุฎْุจَุงุฑِِู َูุฃَุญَْูุงู
ِِู َูุง ุจَِูุตْุฏِ ุงُْููุฑْุขِู ََِِْููููู ุนِْูุฏَ ุงูุฑُُّููุจِ : { ุณُุจْุญَุงَู ุงَّูุฐِู ุณَุฎَّุฑَ ََููุง َูุฐَุง َูู
َุง َُّููุง َُูู ู
ُْูุฑَِِููู } ุฃَْู ู
ُุทَِِูููู ، َูุนِْูุฏَ ุงْูู
ُุตِูุจَุฉِ : { ุฅَّูุง َِِّููู َูุฅَِّูุง ุฅَِْููู ุฑَุงุฌِุนَُูู } َูู
َุง ุฌَุฑَู ุจِِู ِูุณَุงُُูู ุจَِูุง َูุตْุฏٍ َูุฅِْู َูุตَุฏَ ุงُْููุฑْุขَู َูุญْุฏَُู ุฃَْู ู
َุนَ ุงูุฐِّْูุฑِ ุญُุฑِّู
َ ، َูุฅِْู ุฃَุทََْูู ََููุง .
Hukumnya terperinci:
1. Bila membaca al-Qur'an diniati memang bermaksud membacanya, maka haram.
2. Bila membaca diniati untuk baca Al-Qur'an dan yg lainnya maka juga dihukumi haram.
3. Bila membaca diniati selain untuk membaca al-Qur'an seperti untuk menjaga hafalan, membaca zikirnya, kisah-kisah, mauizah, hukum-hukum, maka diperbolehkan, seperti jika ada org meninggal: Innalillillah wa... Maka boleh.
4. Bila membaca al-Qur'an karena keceplosan maka diperbolehkan.
5. Bila membaca al-Qur'an diniati secara mutlak, yakni sekedar ingin membaca tanpa ada maksud membaca Al-Qur’an atau apapun yg lain maka boleh.
2. Pertanyaan:
Di syarah safinatunnaja kn di jlskn Bhwa, di haramkn bagi org junub menyentuh mushaf, yg di maksud mushaf itu bagaimana, lh apps.qur'an di gadget itu trmsuk mushaf apa tdk? lh bgmn hukum.ny bagi org yg junub menyentuh / membuka apps tsb?
✍ Jawaban:
Kalau memegang tulisan alquran yang ada pada layar Hp atau PC memang tidak masalah tanpa adanya wudhu karena tulisan alquran yang ada dalam HP/PC hanya merupakan pancaran yang di hasilkan dari sinar bukan tulisan.
َُููุคْุฎَุฐُ ู ُِْูู ุฃََُّูู َْูู ََููุดَ ุงُْููุฑْุขَู ุนََูู ุฎَุดَุจَุฉٍ َูุฎَุชَู َ ุจَِูุง ุงْูุฃَْูุฑَุงَู ุจَِูุตْุฏِ ุงِْููุฑَุงุกَุฉِ َูุตَุงุฑَ َْููุฑَุฃُ َูุญْุฑُู ُ ู َุณَُّูุง ، ََْูููุณَ ู ِْู ุงِْููุชَุงุจَุฉِ ู َุง َُููุตُّ ุจِุงْูู َِูุตِّ ุนََูู ุตُูุฑَุฉِ ุญُุฑُِูู ุงُْููุฑْุขِู ู ِْู َูุฑٍَู ุฃَْู ُูู َุงุดٍ ََููุง َูุญْุฑُู ُ ู َุณُُّู ุง ูู َُْููู ุงْูู َุชِْู
Tuhfah Almuhtaaj II/132
3. Pertanyaan:
Yg saya tanyakan di sini adlh bahwa pd saat tidak suci "haid" itu di haramkan 'berdiam diri di masjid',
Maksud berdiam diri di masjid itu gmna? Apa sekedar duduk di masjid, ato gimana?
Lah semisal ada kasus kayak gini, di masjid itu ada peringatan misal mauludan/ isra' mi'raj, lah tempat.ny itu di masjid, bkn di luar masjid (masih dlm batas suci) lah yg menghadiri umum, pas waktu itu misal kita lagi udzur, hukum.ny itu gmna?
Tolong berikan alasan yg logis, n juga kasih referensi, klo ada hadits sertakan juga๐
Sekian terima kasih๐
✍ Jawaban:
๐ Diperbolehkan seorang wanita yg sedang haidl untuk mengahdiri pengajian dimasjid dgn syarat karna dirinya yakin bahwa darah yg keluar tidak akan mengotori masjid...
1.Yg di maksud brdiam diri di masjid itu masuk di dalemnya (njerone) masjid, memang tidak di bolehkan krna tkut drahnya mnetes. Kalau di luarya(njobone)/terasnya masjid boleh.
2. adapun menghadiri kegiatan semisal pengajian atau dll, itu boleh.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
WAG santri indobesia F
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Pertanyaan :
Bagaimana hukum membaca Al-qur'an bagi seorang wanita yang sedang haid??
Jawab :
๐ Mengenai hukum wanita haidh membaca al-Qur'an, dalam mazhab syafi'iyah terdapat tujuh pembahasan :
1. Bila membaca al-Qur'an diniati untuk membaca al-Qur'annya maka haram.
2. Bila membaca al-Qur'an diniati untuk membaca al-Qur'annya besertaan niat lainnya maka juga dihukumi haram.
3. Bila membaca al-Qur'an diniati selain untuk membaca al-Qur'an seperti untuk menjaga hafalan, membaca zikirnya, kisah-kisah, mauizah, hukum-hukum, maka diperbolehkan.
4. Bila membaca al-Qur'an karena kelepasan bicara maka diperbolehkan.
5. Bila membaca al-Qur'an diniati secara mutlak, yakni sekedar ingin membaca tanpa niat tertentu maka diperbolehkan.
6. Bila membaca al-Qur'an diniati secara mutlak atau niat selain al-Qur'an, namun yang dibaca adalah susunan kalimat khas al-Qur'an atau satu surat panjang atau keseluruhan al-Qur'an maka khilaf. Menurut an-Nawawi, ar-Ramli Kabir, dan Ibnu Hajar diperbolehkan, sedangkan bagi az-Zarkasyi dan as-Suyuthi diharamkan.
7. Bila membaca al-Qur'an diniatkan pada salah satunya tanpa dijelaskan yang mana maka khilaf. Menurut qaul mu'tamad diharamkan sebab adanya kemungkinan niat pada bacaan al-Qur'an.
Sedangkan dalam mazhab malikiyah boleh bagi wanita haidh membaca al-Qur'an. Lebih jelasnya tentang hal ini terdapat dua pembahasan:
>> 1.Boleh secara mutlak, yakni ketika membacanya dalam kondisi darah haidh sedang merembes keluar.
>> 2.Tidak diperbolehkan sebelum mandi hadats, yakni ketika membacanya dalam kondisi darah haidh sedang mampet. Kecuali bila khawatir lupa, atau kecuali dengan menengok pada qaul dha'if yang memperbolehkannya asalkan haidhnya tidak disertai junub.
Berikut uraian selengkapnya dari kitab Hasyiyah al-Bujairimi 'ala al-Iqna' karya Sulaiman bin Umar bin Muhammad al-Bujairimi :
( َู ) ุงูุซَّุงِูุซُ ( ِูุฑَุงุกَุฉُ ) ุดَْูุกٍ ู ِْู ( ุงُْููุฑْุขِู ) ุจِุงَّْูููุธِ ุฃَْู ุจِุงْูุฅِุดَุงุฑَุฉِ ู ِْู ุงْูุฃَุฎْุฑَุณِ َูู َุง َูุงَู ุงَْููุงุถِู ِูู َูุชَุงِِููู ، َูุฅََِّููุง ู َُูุฒََّูุฉٌ ู َْูุฒَِูุฉَ ุงُّููุทِْู َُููุง ََْููู ุจَุนْุถَ ุขَูุฉٍ ِْููุฅِุฎَْูุงِู ุจِุงูุชَّุนْุธِูู ِ ، ุณََูุงุกٌ ุฃََูุตَุฏَ ู َุนَ ุฐََِูู ุบَْูุฑََูุง ุฃَู ْ َูุง ِูุญَุฏِูุซِ ุงูุชِّุฑْู ِุฐِِّู َูุบَْูุฑِِู : { َูุง َْููุฑَุฃْ ุงْูุฌُُูุจُ ََููุง ุงْูุญَุงุฆِุถُ ุดَْูุฆًุง ู ِْู ุงُْููุฑْุขِู }
ุงูุดَّุฑْุญُ َُُْูููู : ( َِููุฑَุงุกَุฉُ ุงُْููุฑْุขِู ) َูุนَْู ู َุงٍِูู : َูุฌُูุฒُ ََููุง ِูุฑَุงุกَุฉُ ุงُْููุฑْุขِู ، َูุนَْู ุงูุทَّุญَุงِِّูู ُูุจَุงุญُ ََููุง ู َุง ุฏَُูู ุงْูุขَูุฉِ َูู َุง َََُูููู ِูู ุดَุฑْุญِ ุงَْْูููุฒِ ู ِْู ُูุชُุจِ ุงْูุญَََِّูููุฉِ
"Keharaman sebab haid yang ketiga adalah membaca sesuatu dari al-Qur’an, dengan diucapkan atau dengan isyarah dari orang bisu, seperti yang dikatakan Qadhi Husein dalam Fatawinya. Mengingat konteks isyarah diletakkan pada konteksnya hukum berucap pada permasalahan ini, meskipun yang dibaca hanyalah sebagian ayat saja dikarenakan hal itu menunjukkan pada unsur penghinaan. Baik bacaan itu diniati bersama dengan niat yang lain ataupun tidak, berdasarkan hadits riwayat Tirmidzi dan lainnya, “Orang yang sedang junub dan orang yang haid tidak diperbolehkan membaca sesuatu dari al-Qur’an.
Komentar pensyarah: [Membaca al-Qur’an] dari Imam Malik dijelaskan bahwa diperbolehkan bagi perempuan haid membaca al-Qur’an. Dan dari Ath-Thahawi diterangkan bahwa diperbolehkan bagi dia untuk membaca al-Qur’an namun kurang dari satu ayat, seperti yang dia kutipkan dalam Syarah Al-Kanzu dari kitabnya mazhab Hanafi." (Hasyiyah Bujairimi, 3/259-261)
ุชَْูุจٌِูู : َูุญُِّู ِูู َْู ุจِِู ุญَุฏَุซٌ ุฃَْูุจَุฑُ ุฃَุฐَْูุงุฑُ ุงُْููุฑْุขِู َูุบَْูุฑَُูุง َูู ََูุงุนِุธِِู َูุฃَุฎْุจَุงุฑِِู َูุฃَุญَْูุงู ِِู َูุง ุจَِูุตْุฏِ ุงُْููุฑْุขِู ََِِْููููู ุนِْูุฏَ ุงูุฑُُّููุจِ : { ุณُุจْุญَุงَู ุงَّูุฐِู ุณَุฎَّุฑَ ََููุง َูุฐَุง َูู َุง َُّููุง َُูู ู ُْูุฑَِِููู } ุฃَْู ู ُุทَِِูููู ، َูุนِْูุฏَ ุงْูู ُุตِูุจَุฉِ : { ุฅَّูุง َِِّููู َูุฅَِّูุง ุฅَِْููู ุฑَุงุฌِุนَُูู } َูู َุง ุฌَุฑَู ุจِِู ِูุณَุงُُูู ุจَِูุง َูุตْุฏٍ َูุฅِْู َูุตَุฏَ ุงُْููุฑْุขَู َูุญْุฏَُู ุฃَْู ู َุนَ ุงูุฐِّْูุฑِ ุญُุฑِّู َ ، َูุฅِْู ุฃَุทََْูู ََููุง .
َูู َุง َูุจََّู ุนََِْููู ุงََُِّّููููู ِูู ุฏََูุงุฆِِِูู ِูุนَุฏَู ِ ุงْูุฅِุฎَْูุงِู ุจِุญُุฑْู َุชِِู ؛ ِูุฃََُّูู َูุง َُُูููู ُูุฑْุขًูุง ุฅَّูุง ุจِุงَْููุตْุฏِ َูุงَُูู ุงََُِّّููููู َูุบَْูุฑُُู ، َูุธَุงِูุฑُُู ุฃََّู ุฐََِูู ุฌَุงุฑٍ ِููู َุง ُููุฌَุฏُ َูุธْู ُُู ِูู ุบَْูุฑِ ุงُْููุฑْุขِู َูุงْูุขَูุชَِْูู ุงْูู ُุชََูุฏِّู َุชَِْูู َูุงْูุจَุณْู ََูุฉِ َูุงْูุญَู ْุฏََูุฉِ ، َِูููู َุง َูุง ُููุฌَุฏُ َูุธْู ُُู ุฅَّูุง ِِููู َูุณُูุฑَุฉِ ุงْูุฅِุฎَْูุงุตِ َูุขَูุฉِ ุงُْููุฑْุณِِّู ، ََُููู َูุฐََِูู ، َูุฅِْู َูุงَู ุงูุฒَّุฑَْูุดِّู : َูุง ุดََّู ِูู ุชَุญْุฑِูู ِ ู َุง َูุง ُููุฌَุฏُ َูุธْู ُُู ِูู ุบَْูุฑِ ุงُْููุฑْุขِู ، َูุชَุจِุนَُู ุนََูู ุฐََِูู ุจَุนْุถُ ุงْูู ُุชَุฃَุฎِّุฑَِูู َูู َุง ุดَู َِู ุฐََِูู ََْููู ุงูุฑَّْูุถَุฉِ ، ุฃَู َّุง ุฅุฐَุง َูุฑَุฃَ ุดَْูุฆًุง ู ُِْูู َูุง ุนََูู َูุตْุฏِ ุงُْููุฑْุขِู ََููุฌُูุฒُ .
ุงูุดَّุฑْุญُ
َُُْูููู : ( ุชَْูุจٌِูู ุฅَูุฎْ ) َูุฐَุง ุงูุชَّْูุจُِูู ุจِู َْูุฒَِูุฉِ َِِْูููู ู َุญَُّู ุญُุฑْู َุฉِ ุงِْููุฑَุงุกَุฉِ ุฅุฐَุง َูุงَูุชْ ุจَِูุตْุฏِ ุงُْููุฑْุขِู ุฃَْู ุจَِูุตْุฏِ ุงُْููุฑْุขِู َูุงูุฐِّْูุฑِ ، ู َุฅَِّูุง ََููุง ุญُุฑْู َุฉ .
َُُْูููู : ( َูุญُِّู ุฅَูุฎْ ) ََููุงู ُُู ِูู ุงْูุญَุงุฆِุถِ َูุงَُّูููุณَุงุกِ َูุฏُุฎُُูู ุบَْูุฑِِูู َุง ู َุนَُูู َุง ุงุณْุชِุทْุฑَุงุฏٌِّู ุชَุฃَู َّْู ู ู .
َُُْูููู : ( َูู ََูุงุนِุธِِู ) ุฃَْู ู َุง ِِููู ุชَุฑْุบِูุจٌ ุฃَْู ุชَุฑِْููุจٌ .
َُُْูููู : ( َูุฃَุฎْุจَุงุฑِِู ) ุฃَْู ุนَْู ุงْูุฃُู َู ِ ุงูุณَّุงุจَِูุฉِ .
َُُْูููู : ( َูุฃَุญَْูุงู ِِู ) ุฃَْู ู َุง ุชَุนَََّูู ุจِِูุนِْู ุงْูู ََُّููู .
َُُْูููู : ( َูู َุง ุฌَุฑَู ุจِِู ِูุณَุงُُูู ุจَِูุง َูุตْุฏٍ ) ุจِุฃَْู ุณَุจََู ِูุณَุงُُูู ุฅَِْููู .
َُُْูููู : ( َูุฅِْู ุฃَุทََْูู ََููุง ) َูู َุง َูุง َูุญْุฑُู ُ ุฅุฐَุง َูุตَุฏَ ุงูุฐِّْูุฑَ ََููุทْ ، َูุงูุตَُّูุฑُ ุฃَุฑْุจَุนَุฉٌ َูุญُِّู ِูู ุซِْูุชَِْูู ، ََููุญْุฑُู ُ ِูู ุซِْูุชَِْูู َูุฃَู َّุง َْูู َูุตَุฏَ َูุงุญِุฏًุง َูุง ุจِุนَِِْููู َِِูููู ุฎَِูุงٌู ، َูุงْูู ُุนْุชَู َุฏُ ุงْูุญُุฑْู َุฉُ ؛ ِูุฃََّู ุงَْููุงุญِุฏَ ุงูุฏَّุงุฆِุฑَ ุตَุงุฏٌِู ุจِุงُْููุฑْุขِู ََููุญْุฑُู ُ ِูุตِุฏِِْูู ุจِِู . َُُْูููู : ( َูุง َُُูููู ُูุฑْุขًูุง ุฅَูุฎْ ) ุฃَْู َูุง َُُูููู ُูุฑْุขًูุง ุชَุญْุฑُู ُ ِูุฑَุงุกَุชُُู ุนِْูุฏَ ُูุฌُูุฏِ ุงูุตَّุงุฑِِู ุฅَّูุง ุจِุงَْููุตْุฏِ ، َูุฅَِّูุง ََُููู ُูุฑْุขٌู ู ُุทًَْููุง ، ุฃَْู ุงْูู َุนَْูู َูุง ُูุนْุทَู ุญُْูู َ ุงُْููุฑْุขِู ุฅَّูุง ุจِุงَْููุตْุฏِ ، َูู َุญَُُّูู ู َุง َูู ْ َُْููู ِูู ุตََูุงุฉٍ َูุฃَْู ุฃَุฌَْูุจَ َََูููุฏَ ุงูุทَُّููุฑَِْูู َูุตََّูู ِูุญُุฑْู َุฉِ ุงَْْูููุชِ ุจَِูุง ุทُْูุฑٍ ، ََููุฑَุฃَ ุงَْููุงุชِุญَุฉَ ، ََููุง ُูุดْุชَุฑَุทُ َูุตْุฏُ ุงُْููุฑْุขِู ،
Komentar
Posting Komentar